Search

Rahasia Sukses Bisnis di Internet

Seperti bisnis lainya, untuk memulai bisnis internet Anda harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar bisnis Anda berjalan dengan baik dan sukses. Namun satu hal yang perlu disadari oleh para pelaku bisnis online adalah bahwa bisnis internet pada intinya sama dengan bisnis lainnya, di mana juga perlu kerja keras, kemauan, kesabaran, dan konsentrasi tinggi agar dapat berhasil.

Bisnis di internet ada berbagai macam cara, terkadang kita memerlukan modal yang sangat besar, terkadang pula kita tak memerlukan modal apapun. Semua serba canggih. Sebelum memulai bisnis online ini, ada baiknya Anda mengevaluasi diri sendiri untuk mendapatkan tujuan dari bisnis Anda. Hal yang perlu Anda evaluasi misalnya minat, keterampilan atau skill, kemampuan finansial untuk memperoleh modal, alokasi waktu yang akan Anda berikan untuk usaha Anda, hingga pemilihan menjual produk atau jasa.



Ketika Anda sudah menetapkan bidang usaha yang akan Anda geluti, Anda perlu menganalisis peluang usaha di bidang tersebut. Tinggi-rendahnya ketertarikan publik terhadap bidang itu serta jumlah pesaing bisnis di bidang terkait perlu Anda prediksi agar usaha Anda memiliki peluang sukses yang besar.

Sedikit banyak Anda harus mulai paham tentang masalah perizinan dan lisensi sebagai dasar hukum bisnis Anda. Untuk ke depannya, bisnis Anda akan melibatkan banyak pihak. Agar Anda dan pihak lain tidak merasa dirugikan, Anda harus memiliki legalitas untuk memperkuat keabsahan bisnis Anda secara hukum.

Untuk menuju kesuksesan, Anda harus membuat konsep bisnis yang jelas. Gunakanlah analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) sebagai pedoman menyusun usaha Anda.

Syarat untuk Memulai Bisnis Internet

1. Komputer. Sebaiknya Anda harus memiliki komputer sendiri sebelum mulai terjun di bisnis internet. Namun, Anda bisa menyewa komputer di warung-warung internet dengan biaya sekitar Rp 5000-Rp 8000 sejam.

2. Pengetahuan Dasar Internet. Bila Anda ingin memulai bisnis internet maka tentu saja Anda harus terlebih dahulu memahai seluk beluk internet. Tak perlu sampai se-detail-detailnya, yang penting Anda perlu tahu tentang e-mail, mencari informasi meleui search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Situs www.belajar.web.id adalah salah satu tempat yang cocok untuk belajar dan berdiskusi segala sesuatu tentang internet.

3. Nama Domain dan "Tempat Parkir" Web (Webhosting). Untuk nama domain dan webhosting, Anda dapat memperolehnya dengan harga mulai dari RP. 50.000 per bulan. Namun, satu hal yang perlu di tekankan, apabila Anda ingin serius dengan bisnis internet, sebaiknya Anda tidak menggunakan nama domain ataupun jasa webhosting gratis. Menurut Survey, para pengguna/pembeli di internet kurang mepercayai nama domain dan wehosting gratis karena setiap orang bisa mendapatkannya tanpa perlu menunjukan identitas sebenarnya.

4. Buku-buku Teknis. Jika Anda ingin mendesain web Anda sendiri, pasti Anda pun harus mahir dalam webprogramming, seperti menguasai HTML, Java Script, PHP, CGI, XML dan lain-lain.

5. Bahasa Inggris. Di jaman internet ini, sebagian besar informasi di internet menggunakan bahasa Inggris. Jadi Anda harus menguasai bahasa inggris agar bisa menangkap informasi yang up to date. Memang Anda tidak harus canggih sekali berbahasa inggris, tetapi paling tidak Anda bisa memahami informasi di internet.

Menurut pakar internet marketing dunia, Ken Evoy, dalam salah satu produk e-book best seller yang dijualnya, ada 3 kunci sukses bisnis di internet, yaitu :
1. Buat produk yang berkualitas
2. Buat situs yang menjual
3. Dapatkan Traffic (pengunjung) yang besar
jadi, siapkah anda berbisnis ria didunia maya? selamat mencoba.

W. Imanto, Rahasia Sukses Bisnis di Internet, 2007. Yogyakarta : Penerbit Andi.

0 comments:

Posting Komentar