Search

Instal Microsoft SQL Server 2000 di Windows 7


Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa Query utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering. Pada versi sebelumnya, MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses Internet pada tanggal 25 Januari 2003.


Ms SQL Server 2000 merupakan aplikasi yang sudah sangat jadul  untuk saat ini. Tetapi tetap saja masih bisa digunakan untuk sekedar “latihan SQL”. Kenapa hanya sebagai sarana latihan saja, karena SQL Server 2000 sudah terlalu lama dan jadul untuk membangun sebuah server.  Jadi, SQL Server 2000 sangat cocok untuk latihan MySQL dan tidak terlalu memberatkan PC/Laptop anda. Tetapi, karena terlalu lamanya aplikasi ini, terkadang service manager dari SQL Server 2000 ini tidak bisa jalan di sistem operasi terbaru, dalam hal ini Windows 7. Salah satu penyebabnya adalah MSDTC SQL Server pana Windows 7 belum aktif. MSDTC adalah    .
Cara mengaktifkan MSDTC SQL Server pada Windos 7 (SEVEN) apabila muncul pesan error :
"MSDTC SQL Server is unvailable",
Pesan error tersebut muncul saat kita melakukan proses eksport dan import data pada aplikasi SIMDA Keuangan.
Caranya :

1. Masuk menu MSCONFIG windows 7. Caranya, klik Start, kemudian ketikan “msconfig” (tanpa tanda petik) kemudian enter. Pilih menu tab Tools, kemudian arahkan pada Tool Name “Change UAS Settings”, kemudian klik tombol Launch di pojok kanan bawah. 


Loading Image

2. Akan muncul menu Tulisan Choose when to be notified about changes to your computer. Kemudian, geser bar yang ada di sebelah kiri ke arah paling bawah, yaitu never notify. Kemudian OK.


3. Setelah itu, masuk ke Windows Explorer, klik kanan pada Computer, klik Manage. Akan muncul menu Manage Computer. Klik Services and Application, lalu di menu sebelah kanan, pilih Services (double klik).










4. Kemudian, cari name Distributed Transaction Coordinator, klik double. Pada Startup Type, ganti menjadi Automatic. Ini bertujuan agar setiap kali kita menyalakan PC, maka secara otomatis Service Manager SQL Server akan jalan dengan sendiri atau otomatis. Setelah selesai, restart PC anda. 


Selesai sudah cara setting Ms SQL Server 2000 di Windows 7. Coba buka Service Manager anda, maka seharusnya service manager nya sudah otomatis jalan. 


Semoga bermanfaat…

10 comments:

predavid lucman

makasih infonya :D

Novel Sufistik

makasih gan info e

Koko Sip

sama2 gan,,,

eLLean #

bagaimana kalau di instal di windows 10? makasih sebelumnya gan

Heri Purwanto

tapi kalo di install di win 7 Ultimate tidak bermasalah..

agungwaluyo

gan ni ane install di windows 7 64 bit, sql service managernya gak bisa automatic. uda ane ikutin cara diatas tapi masih gak bisa

Koko Sip

@agungwaluyo,, ga bisanya gimana gan?

agungwaluyo

Sql server service manager nya itu gak bisa otomatis nyala jadi kolom server dan kolom service diisi dahulu. Itupun gak bisa dipause dan distop sql server service managernya

Solusindo Informatika

Artikelnya sangat lengkap, pemilihan katanya bagus dan mudah dimengerti,
terima kasih sudah berbagi....


Jual Microsoft Office 365
Jual SQL Server 2014
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan

Adnan MS

Gan mysql saya ,mau buat database di enterprise manager tidak keluar localnya ya gan,a connection could not be established to pc saya, mohon solusi gan

Posting Komentar