Search

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word

Agan sedang Skripsi? Atau sedang Tugas Akhir, disuruh membuat laporan yang luar biasa tebal nya? lalu di pusingkan bagaimana cara membuat Daftar isi secara otomatis tanpa harus ngetik manual satu-satu?
Gampang..... semua itu bisa diselesaikan dengan sangat mudah, menggunakan aplikasi Microsoft Office... berikut tips and trik yang akan ane share...

OK,,, pertama-tama buka dulu Office nya gan (Dalam percobaan ini, penulis menggunakan Microsoft Word 2010). oke,, lanjutkan...


1. Persiapkan File nya
Anggap saja kita sudah punya file skipsi/laporan yg sudah jadi tinggal di bikin daftar isi nya. Biasanya lebih enak kalo kita bikin judul-judul yg mau dibuat daftar ini nya dulu...
berikut contoh nya



*Keteranga gambar :
BAB I ada di halaman 1, BAB 2 ada di halaman 2,

bagi yg bertanya2 bagaimana cara membuat penomoran seperti diatas, silahkan kunjungi Cara Membuat Multilevel Numberring di Word

2. Tandai yang mau di masukan kedalam daftar isi
Sekarang, agan harus tau mana yg mau di masukin daftar ini, disini saya mau masukin yg pertama BAB 1. cara nya, blok Tulisan "BAB I", lalu pada menu Tab Ribbon Home, bagian Styles pilih Heading 1 sebagai level tertinggi.

maka tulisan BAB I akan berubah format nya, yg pada awalnya Times New Roman Hitam Center menjadi Cambria Biru Align Left... Its Ok,, gapapa,, setelah kita kasih heading 1, kita bisa merubah format nya sendiri, silahkan bisa langsung di set kembali ke Times New Roman..
atau kalo gamau repot, Heading 1 nya yang dirubah dg cara klik kanan pada pilihan Heading 1, lalu klik Modify, lalu tinggal di edit sesuka hati...


  

Saat anda memilih heading satu, maka secara otomatis disamping kiri Word anda akan muncul Navigations Pane (jika tidak muncul, pilih tab View, pada bagian Show ceklist Navigations Pane.

   
3. Setting untuk Heading yg lain juga
Setelah Bab I di beri heading 1, maka selanjutnya adalah memberikan Heading 1 pada BAB 2. kemudian untuk isi dari BAB I (Latar Belakan dll), silahkan di beri Heading 2 (karena dibawah nya Heading 1, yaitu BAB 1)... cara nya sama dengan diatas... lalu untuk Bagian BAB 2, ada Sub Kategori lagi, silahkan di set Heading 3 karena level nya dibawah level 2... begitu seterus nya... Word sendiri sudah Support sampe level 7. Kalo sudah, hasilnya akan tampak seperti berikut.

  
4. Insert Table of Contents
Setelah selesai, navigation pane ini bisa kita klik, dan akan langsung menuju bab atau judul yang sudah kita tandai dengan Heading. sekarang waktu nya memasukan daftar isi nya. Pertama siapkan halaman kosong nya, disini penulis memakai halaman 1. Lalu pada tab References, sebelah kiri pilih Table of Contents. Disana disedian 3 default template dari Word nya. agan2 bisa pilih salah satu... tetapi disini saya akan contoh kan daftar isi yg ga pake template, karena bisa custom sendiri daftar isi nya dengan memilih Insert Table of Contents pada bagian bawah..


Lalu akan muncul menu seperti ini,
Untuk bagian Formats, silahkan dipilih sesuai selera, silahkan dicoba2 gan, kemudian titik-titik nya bisa diganti di bagian Tab leader. Sedang pada pilihan show levels, isi 3 saja karena memang kita hanya menandai sampe level 3 (heading 3). setelah setting selesai, silahkan pencet OK.


Lalu, TARAAAAAAAAA,,,,, daftar isi pun otomatis terbuat dengan sangat rapi sekali...
Daftar isi ini bukan hanya sembarang daftar isi,  tetapi juga sebuah link. Kalo agan semua pencet Ctrl+Click pada salah satu menu, maka otomatis akan menuju menu tersebut... Agan juga bisa merubah tulisan di daftar isi nya sesuka hati, misal "BAB I" diganti menjadi "BAB I PENDAHULUAN", tinggal ditambahin saja, otomatis titik-titik nya akan mengikuti jumlah huruf yg ditambahkan...


5. Bagaimana kalo halamannya berubah atau judulnya bertambah?
Gimana kalo ternyata salah satu judul nya berpindah halaman, dan ga sama dg daftar isi? Atau ada judul baru yg belum di kasih heading? gampang, tak perlu buat daftar isi baru lagi tinggal kita update daftar isi nya, dengan cara klik kanan pada daftar isi sembarang saja, nanti akan ada menu Update Field, silahkan pilih menu itu.

 nanti agan akan dihadapkan 2 Pilihan,,


- Update Page Number Only
ini nanti akan meng-update nomor halaman nya saja, sedang isi dari daftar isi tidak akan berubah. sangat cocok utk mengganti nomor halaman jika berubah tempat
- Update Entire Table
Jika memilih ini maka akan meng-update isi dari daftar isi nya sekaligus nomor halamannya. jadi misal ada bab yg lupa blm di heading, menggunakan menu ini akan otomatis menambahkan nya pada daftar isi. namun perlu diingat bahwa jika kita melakukan perubahan pada daftar isi, semisal tulisan "BAB I" dirubah menjadi "BAB I PENDAHULUAN" maka jika dipilih menu ini daftar isi akan kembali ke tulisn "BAB I" karena akan kembali ke semula..

Demikian lah Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word 2010, semoga tips and trik dari saya membantu kelancaran Skripsi dan tugas agan semua.... jika ada yg ditanyakan silahkan komentar saja,, oke2....

0 comments:

Posting Komentar