Search

Pengenalan HTML - Tutorial 1

HTML atau HyperText Markup Language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web. HTML adalah file text murni yang dapat dibuat dengan editor text apapun. Dokumen ini dikenal sebagai web page, dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan pada web browser. Ada dua cara dalam menulis sebuah dokumen HTML yang nantinya mejadi sebuah halaman browser. Yang pertama menggunakan HTML editor atau Web editor, dan yang kedua menggunakan teks editor biasa seperti menggunakan notepad.
Saat ini sudah banyak sekali paket aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat halaman web secara WYSIWYG ( What You See Is What You Get ) seperti FrontPage,Dreamweaver dan lain sebagainya, Anda tetap harus menguasai tag-tag HTML terutama yang dipergunakan untuk membuat aplikasi di internet kerena mau tidak mau Anda akan bekerja dalam mode text editor bilamana hendak menyisipkan setiap script HTML.

Dokumen HTML dan penamaan HTML

Dalam  penamaan sebuah dokumen yang akan ditampilkan pada web browser maka nama yang digunakan harus diakhiri dengan ektensi (.html) atau (.htm). Ekstensi dokumen HTML awalnya 3 karakter, adalah untuk mengakomodasi sistem penamaan dalam DOS. Dalam pemberian nama sebuah dokumen bersifat case sensitive sehingga dokumen dengan nama a.html akan berbeda dengan dokumen A.html. Sebelum lebih jauh mempelajari tag-tag HTML ada baiknya terlebih dahulu melihat kode warna yang sering digunakan di penulisan tag-tag HTML. Pengaturan warna dihalaman HTML menggunakan mode kombinasi RGB (red, green, blue) yang mana setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal (0,1,2,...F).Setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau dan biru. Sebagai contoh 00 pada 2 digit pertama berarti tidak ada warna merah dan seterusnya.

Warna Heksadesimal
White #FFFFFF
Black #000000
Red #FF0000
Green #00FF00
Blue #0000FF
Magenta #FF00FF










Definisi Elemen dan Tag HTML

Sebuah dokumen HTML disusun oleh beberapa Elemen atau lebih dikenal dengan komponen-komponen dasar. Elemen dapat berupa teks murni, atau bukan teks, atau keduanya. Elemen atau komponen tersebut misal head, body, paragraf, list dll.

Untuk menandai sebuah elemen dalam suatu dokumen HTML digunakan tag. Tag HTML terdiri dari sebuah kurung sudut kiri (<,lebih kecil), nama tag, kurung sudut kanan(>,lebih besar), contoh

, tag pada umumnya berpasangan (misalnya

dengan

), tanda / pada tag pasangan memberikan tanda bahwa tag tersebut merupakan pembatas akhir elemen yang dibuka oleh tag awal.
Nama elemen ditunjukkan oleh nama dari tagnya. Suatu elemen biasanya ditandai dengan pasangan tag, walaupun ada beberapa nama elemen yang ditandai dengan satu tag tanpa harus berpasangan. Diantaranya adalah: 

 Paragraf  tagnya Ganti baris – line break tagnya
 
Garis datar – horizontal rule tagnya
  List item tagnya
  •  

    Jadi secara umum penulisan sebuah tag adalah ...
    selain itu dalam penamaan tag tidak menganut case sensitive.
    Dalam pembuatan dokumen HTML elemen dasar yang harus dimiliki adalah tag html, tag body dan tag head. Elemen head berisi informasi tentang dokumen, sedangkan elemen body berisi teks dan atau elemen lainnya. Atau lebih jelasnya sebagai berikut:

       ....informasi dokumen....

        .
    ...informasi yang di tampilkan
         pada halaman browser.....

    0 comments:

    Posting Komentar