Pages

Minggu, 20 Maret 2011

Mengembalikan Data yang Hilang

Metode terbaik untuk menghindari kerugian akibat kehilangan data penting di komputer adalah dengan mempersiapkan diri dengan tool-tool pilihan yang memungkinkan Anda menanggulani permasalahan kehilangan data ini.
Adapun teknik pencegahan dari kehilangan data yang paling manjur adalah menggunakan back-up. Namun, ada software data recovery yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan data yang hilang jika dieksekusi di saat yang tepat, maksudnya tidak lama setelah data tersebut hilang. Karena, jika terlambat sedikit saja, data bisa benar-benar hilang secara permanen.
Pengertiana dari Data Recovery sendiri adalah prose mengembalikan data dari kondisi yang rusak, gagal, korup atau tidak bisa diakses ke kondisi awal yang normal. Data yang dikembalikan bisa dari hard disk, Flash disk, dan media penyimpanan lainnya seperti kamera digital dan camcorder.
Berikut beberapa software Data Recovery yang berhasil saya dirangkum.


1. Recuva

Recuva merupakan tool recovery data untuk sistem operasi Windows. Dengan Recuva, Anda bisa mengembalikan file yang hilang menggunakan cara wizard atau cara manual. File Wizard merupakan cara praktis untuk mengembailakn data, namun Anda tidak yakin kapan waktu dan bagaimana cara manual untuk mengembalikannya, walaupun caranya sudah cukup mudah.



2. Test Disk

Software ini merupakan program data recovery yang bersifat free yang diperuntukan untuk orang-orang yang alergi dengan software yang berbayar (seperti saya, hehehe). Selain itu, software ini sangat cocok dipakai untuk me-recovery data dari partisi yang hilang atau untuk mengembalikan disk yang tidak bisa di booting kembali yang umumnya disebabkan oleh kesalahan software, virus atau human error.


3. Restoration

Restoration merupakan software kecil namun sangat efektif untuk data recovery. Sofware ini bersifat portable, jadi bisa "ditenteng" kemana saja dengan media penyimpanan dari flsahdisk atau cd/dvd. Restoration bekerja di semua sistem operasi Windows. Restoration mempunyai fungsi dasar seperti pencarian berdasarkan nama file dan bisa pengurutan berdasarkan parameter file seperti ukuran file. Keunggulan software ini adalah ukurannya yang kecil sehingga ringkas, dan tak perlu intalasi.



4. PhotoRec

PhotoRec merupakan software data recovery yang didesain untuk melakukan recovery file-file yang hilang termasuk video, dokuen, file arsip dan gambar dari hard disk dan cd-rom. Untuk itulah diberi nama PhotoRec, yaitu memiliki kemampuan untuk reovery foto, walaupun sebenarnya tidak hanya foto. Keunggulan PhotoRec adalah sifatnya yang free, open soure dan multi-platform. PhotoRec merupakan progaram yang satu paket dengan TestDisk. Jadi, Anda bisa mendapatkan satu folder dengan TestDisk.

Download PhotoRec

5. File Recovery

Software kelima yang saya bahas adalah File Recovery. Software ini merupakan software yang bisa dijalankan untuk OS Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, Vista dan 7. File recovery dapat digunakan untuk melakukan hal seperti merekonstruksi file yang hancur, menangani kerusakan file akibat mati listrik, virus komputer, penghapusan secara tidak sengaja ataupun akibat pemformatan. Keunggulan software ini adalah, bisa digunakan dibanyak OS. Selain itu, software ini berstifat freeware atau gratis.

Download File Recovery


6. Data Recovery

Software selanjutnya bernama Data Recovery. Software ini merupakan karya dari programer jepang bernama TOKIWA. Software ini juga berlisensi freeware alias gratis. Software ini memiliki banyak keunggulan. Antara lain, bisa di jalankan di semua OS Windows. Juga mendukung sistem file FAT12, FAT16, FAT32 dan NTFS. Mampu menghapus file yang telah terhapus agar tidak bisa di-recover lagi, memiliki fungsi pencarian string menurut nama file, me-recover semua file, merecover lebih dari satu file sekaligus, dan masih banyak lagi keunggulan dari software ini yang tak perlu dujelaskan lagi, tetapi harus dibuktikan sendiri.

Download Data Recovery

7. Recover Files

Software terakhir adalah Recover Files. Recover Files adalah tool recovery yang memungkinkan user untuk mengembalikan file tang terhapus secara sengaja maupun tidak sengaja. Software ini mampu  mengembalikan file yang hilang meski sudah terhapus dari Recycle Bin, network drive, portable drive, penghapusan file melalui perintah DOS Windows, serta melakukan data recovery yang didelete tanpa masuk Recycle Bin (menekan Shift-Delete).

Dowload Recover Files


Demikian review 7 software data recovery pilihan. Tentu saja ketujuh software tersebut hanya sebagian kecil dari sekian banyak software-software data recovery di dunia ini. semoga info ini bermanfaat bagi semua yang telah membacanya. Tetapi, jangan hanya baca, tinggalkan comment juga yaa,,,, kritik dan sran saya tunggu


Tim EMS, Mengatasi Data Hilang dan Serangan Virus, 2009. Semarang : Elex Media Komputindo

2 komentar:

  1. Ada yang bner2 berhasil ga? masalahnya file video sama foto semasa sma hilang semua, dari hp tapi . . .

    BalasHapus
  2. Tyo : ya di coba yo,,, tapi perlu di ingat, semakin lama data hilang, semakin sulit juga ditemukan kembali, dan sebaliknya,,,

    BalasHapus